FAQ (FREQUENTLY ASK QUESTION)

PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY | WHISTLEBLOWING SYSTEM

Mengapa saya harus melaporkan Pelanggaran?

Untuk membantu PIHC menjadi tempat yang aman, jujur dan adil untuk bekerja. Pelanggaran yang terjadi akan membuat efek negatif kepada tempat kerja dan reputasi kami. Dengan melaporkan pelanggaran, anda bisa membantu kami menciptakan lingkungan yang bersih dan berintegritas

Dapatkah saya memilih untuk memberitahukan identitas diri saya? Dan bagaimana kerahasiaan dari informasi yang saya adukan?

Kami menyarankan agar anda dapat merahasiakan identitas Anda demi keamanan, namun apabila Anda berkeinginan memberitahukan identitas Anda, Pelayanan WBS PIHC akan merahasiakan informasi data pribadi Anda. Terkait dengan informasi aduan yang Anda berikan, kami akan merahasiakannya dan hanya memberitahukan kepada pejabat yang ditunjuk PIHC untuk dilakukan penyilidikan lebih lanjut. Akan tetapi informasi yang diberikan melalui Pelayanan WBS PIHC akan diberikan kepada pihak yang berwenang apabila undang-undang mengharuskan untuk berbuat demikian.

Bagaimana cara berkomunikasi via kotak komunikasi?

Kotak komunikasi merupakan media berkomunikasi antara petugas WBS PIHC dengan Anda. Karena pengaduan membutuhkan partisipasi aktif dari Anda, maka Anda diharapkan selalu dapat mengecek kota komunikasi ini. Petugas WBS akan selalu mengupdate dan mengembangkan informasi yang anda berikan, namun seringkali petugas membutuhkan beberapa informasi tambahan.

Apa yang harus saya laporkan?

Anda bisa melaporkan berbagai kelakuan atau kejadian yang sudah terjadi atau akan terjadi terkait Penyimpangan dari peraturan dan perundangan yang berlaku; Benturan kepentingan; Kecurangan; Korupsi; Pencurian; Penipuan; Pemerasan; Penggelapan; Suap; Gratifikasi yang dapat merugikan korporat secara umum dan merugikan pegawai lainnya secara khusus.

Apa yang perlu saya jelaskan dalam uraian pada form PIHC WBS?

Jika anda ingin melaporkan tentang terjadinya pelanggaran/fraud di lingkungan PIHC Group, anda bisa memberikan informasi selengkap mungkin, antara lain :

  • Nama orang/pihak yang diduga melakukan pelanggaran
  • Nama saksi (Jika ada)
  • Tanggal, waktu dan lokasi kejadian
  • Perincian bukti
  • Jumlah uang atau aset terlibat
  • Seberapa sering masalah ini terjadi
  • Kategori tindakan/kelakuan/kejadian

Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu yang tidak benar tapi saya tidak pasti?

Pertama yang harus anda pastikan adalah pengaduan yang anda buat terkait dengan kriteria yang disebutkan pada bagian kriteria. Pengaduan di luar kriteria dimaksud tidak akan dilanjutkan oleh petugas kami. Terkait dengan kecurigaan Anda terhadap terjadinya pelanggaran namun tidak yakin akan fakta sebenarnya,asalkan data awal cukup memadai maka laporan tersebut akan dilanjutkan ke tahapan lanjutan/invenstigasi. Namun apabila bukti awal tidak dapat anda sampaikan, setidaknya informasi yang anda berikan bisa menjadi petunjuk kami dalam menguak pelanggaran-pelanggaran di kasus lainnya. Setidaknya pelaporan anda memperlihatkan peran aktif anda untuk membantu menciptakan PIHC bersih

Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan terlibat?

Keterlibatan anda sangat diharapkan apabila petugas kami membutuhkan informasi-informasi tambahan, namun jika dirasa sudah cukup, maka anda tidak akan terlibat lagi.

Apakah laporan yang saya buat dapat menyeret saya juga?

Selama anda tidak melakukan pelanggaran, maka kami jamin posisi anda akan aman.

Setelah membuat pelaporan, dalam jangka waktu berapa lamakah saya akan dihubungi/Status Pengaduan?

Pelayanan WBS PIHC akan mengirim Status Pengaduan kepada Pelapor

Apa Saya akan mendapat imbalan setelah membuat laporan?

Tidak ada imbalan yang akan diberikan untuk membuat laporan ke Pelayanan WBS PIHC

Berapa kali saya boleh menghubungi Pelayanan WBS PIHC?

Anda boleh menghubungi Pelayanan WBS PIHC setiap kali Anda merasa ada kelakuan/perbuatan/tindakan tidak benar yang perlu dilaporkan.

Apa pihak berwajib akan diberitahukan atas laporan yang diberikan kepada Pelayanan WBS PIHC?

Laporan kepada pihak berwajib akan dilakukan jika pelanggaran sudah terbukti benar dan penanganannya sudah diluar kewenangan PIHC

Apakah akan ada proses investigasi lebih lanjut setelah laporan dibuat?

Adanya proses investigasi lebih lanjut tergantung dari kelengkapan informasi yang diberikan. PIHC akan memutuskan tindakan lebih lanjut atas laporan laporan Anda.